study tour in junior high school 4 kepanjen

Saturday, March 10, 2012

@study tour in junior high school 4 kepanjen


     Ini tahun pertama sekolahku menggadakan acara study tour. Studi tour yang diikuti oleh siswa kelas 8H & 8I  ini berangkat pukul 06.40 WIB dengan menggunakan satu bus ZENA besar yang ber-AC. Dengan ditemani oleh 8 guru pembimbing,28 orang siswa ini berangkat menuju lokasi pembelajaran. Tidak lupa juga,ada 2 orang wali murid dari perwakilan “Parents Club” yang turut memantau jalannya study tour. Studi tour kami kali ini bertujuan ke beberapa tempat di kota Malang dan Batu. Sebelum berangkat,kami berdoa bersama agar perjalanan yg akan kami lalui berjalan lancar. Di sepanjang perjalanan, anak-anak menghabiskan waktu dengan  berfoto-foto,bernyanyi dan saling mengobrol sepanjang jalan. Mereka sangat gembira,tentu saja karena ini adalah pertama kalinya untuk mereka.

@ SMKN 5 MALANG
     Tempat pertama yang kami tuju adalah SMKN 5 MALANG,yang beralamat di Jalan Piranha Atas. Karena bus yang kami tumpangi itu berukuran sangat besar yang tidak dapat melewati gapura jalan,maka kami harus berjalan sekitar 2 km untuk sampai di lokasi. Beruntung,ada salah satu guru dari SMKN 5 yang menawarkan tumpangan kepada kami sehingga kami tidak perlu jauh-jauh berjalan.  
            Kami sampai di tempat pukul 08.00. Kami disambut dengan senyum ramah para warga sekolah dan juga lingkungannya yang bersih dan terawat. Ruang pertama yang kami masuki adalah ruang meeting. Disana,kami mendapatkan banyak penjelasan mengenai SMKN. Dan tak disangak,sekolah itu mempunyai banyak program keahlian dan juga banyak prestasi. Tidak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 09.03 ketika meeting itu selesai. Ruangan kedua yang kami kunjungi adalah Bengkel Kayu. Disana, kami diterangkan tentang proses pembuatan design kayu.  Setelah itu, kami masuk ke ruang ketiga, Bengkel Keramik. Lalu, Bengkel Tekstil. Dan yang terakhir,ruang Animasi. Di ruang terakhir itu, kami diperlihatkan beberapa film animasi singkat hasil karya siswa SMKN tersebut. Kami kembali ke bus dengan diantar oleh guru kesiswaan yang mengantarkan kami waktu berangkat tadi dengan menggunakan mobil Kijang.
     Setelah menghabiskan cukup banyak waktu di SMKN 5,kami menuju ke tempat tujuan kedua,

@ MUSEUM ZOOLOGI FR.M.VIANNEY
MUSEUM ZOOLOGI FR.M.VIANNEY, BHK di Jalan Karang Widoro no.07 MALANG. Karena waktu yang terbatas,jadi kami hanya mendapat sedikit keterangan dari Bu Denis,selaku pengurus Museum dan juga beberapa test yang cukup sulit,sesuai dengan prosedur.
     Kami sampai di tempat tujuan ketiga pada pukul 03.00 .

@ Candi Badut
Yaitu Candi Badut yang beralamatkan di Desa Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Candi ini terletak di tengah-tengah perumahan sehingga mungkin banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan candi peninggalan kerajaan Hindu ini. Setelah sampai ditempat,kami langsung melahap makanan yang tadi dibagikan oleh guru pembimbing. Dengan lahapnya mereka menyantap makan siang itu. Lalu,kami segera bergegas untuk melanjutkan tugas kami berikutnya, mengamati kondisi candi.        
     Akhirnya,kami beranjak ke tempat tujuan terakhir yang paling kami nanti-nanti,
@ JAWA TIMUR PARK
JAWA TIMUR PARK di Batu. Disana, kami melepaskan seluruh rasa lelah kami setelah seharian bekerja keras mengerjakan tugas. Semuanya merasa senang disana. Setelah waktu menunjukkan pukul 17.05, semuanya sudah berkumpul di bus. Meskipun sebenarnya,ketika waktu menunjukkan pukul 16.30, semuanya sudah harus berkumpul. Dan akhirnya,kami melanjutkan perjalanan pulang. Di perjalanan pulang,suasana bis sepi. Hampir semuanya tertidur lelap karena kelelahan. Meskipun,ada beberapa anak yang tidak menyia-nyiakan waktu itu untuk tetap bernyanyi dan mengobrol bersama. Waktu menunjukkan kurang lebih pukul 18.00 ketika kami sampai di sekolah. Pengalaman yang tidak terlupakan.

0 comments:

Post a Comment